Review Buku : Norwegian Wood

Minggu lalu saya menamatkan buku karangan Haruki Murakami, Norwegian Wood. Tebal nya sekitar 400 an halaman. Saya membaca versi Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Penerbit KPG, dan diterjemahkan oleh Jonjon Johana. Saya googling Jonjon Johana adalah dosen di Unpad Bandung. Terjemahannya bagus sekali menurut saya. Buku ini tidak setebal buku 1Q84 sehingga lebih cepat menamatkannya. Apalagi buku 1Q84 yang saya baca dalam versi Bahasa Inggris haha.

7528e6af58ed22a7f00346db44142b49
sumber : Pinterest

Novel ini pertama kali diterbitkan tahun 1987, dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris tahun 2000, kalau ke Bahasa Indonesia tahun 2002 CMIIW. Norwegian Wood sendiri terinspirasi dari lagu The Beatles yang berjudul sama. Kalau dibaca liriknya, seperti nya Murakami sangat terinspirasi dari lagu ini.

Setting cerita adalah pada tahun 60-an akhir hingga 70-an awal. Ceritanya adalah flashback tokoh utama Toru Watanabe pada masa-masa saat dia berumur 18-20 tahun awal. Kematian sahabat karib nya, kekasihnya, Naoko yang sakit jiwa (akhirnya pun bunuh diri) dan Midori wanita lain yang mencintainya adalah inti dari cerita Norwegian Wood. Yang jelas novel ini diperuntukkan untuk dewasa, karena begitu banyak cerita berbau seks. Saya cuma wondering apakah kehidupan di Jepang di masa itu apakah sudah sebebas itu?

Hal yang membuat saya menyukai buku ini adalah, bagaimana Harukami membuat deskripsi dengan detail. Saya jadi bisa membayangkan lokasi-lokasi yang ada dalam cerita meskipun saya belum pernah kesana. Murakami juga sukses membuat cerita yang membawa pembaca pada kesuraman dan kesedihan yang ada dalam cerita, meskipun ada unsur-unsur lucu juga di dalamnya.

Cerita dalam buku ini juga sudah pernah difilmkan dengan judul yang sama dan direlease tahun 2010. Kesan saya menonton film ini sekilas : Midori di film jauh lebih cantik dibandingkan yang saya bayangkan di buku. Naoko? Saya di buku juga tidak tertarik dengan Naoko. haha

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s