Review Buku : Misteri Desain Apple

cover_akhir

Hari ini saya menamatkan lagi buku yang berjudul Misteri Desain Apple. Buku ini saya beli 2 minggu yang lalu dengan harga diskon, hanya Rp. 15.000. Buku nya sudah cukup lama, terbit tahun 2012. Tebal halaman buku sekitar 138 halaman. Bahasa pada buku ini mudah dicerna dan tidak berbelit-belit.

Buku ini mencoba menjelaskan kenapa desain produk Apple begitu bagus dan beda dengan produk merek lain. Simplicity atau kesederhanaan merupakan syarat mutlak pada setiap desain  produk Apple. Desain Apple sangat fokus pada hal-hal yang penting dan hanya unsur yang penting lah yang ditampilan. Coba misalnya desain Macbook, selain logo Apple sebagai identitas produk, keseluruhan produk dibuat polos, tidak hal-hal yang ditonjolkan, kecuali hal-hal yang berguna. Begitupun iPad dan iPhone, layar yang cerah menjadi pusat perhatian, sementara unsur yang lain ditampilkan tidak berlebihan, sesuai dengan fungsinya.

Steve Jobs adalah seseorang yang sangat peduli pada desain. Hal ini dilatarbelakangi pengalamannya belajar kaligrafi semasa berkuliah. Pengalaman spritual Jobs ketika berkelana di India dan pendalamaannya mengenai Zen, mempengaruhi semua desain produk Apple. Selain menerapkan prinsi-prinsip Zen, Jonanthan Ive kepala desainer Apple yang menjadi kepercayaan Jobs, sangat teinspirasi dengan desain Dieter Rams, tokoh terkemuka Bauhaus. Bauhaus adalah sekolah desain di Jerman dengan reputasi tinggi.

Hal lain yang menarik perhatian saya saat membaca buku ini adalah mengenai penjelasan matematis tentang sebuah keindahan. Bahwa persepsi kita tentang keindahan ditentukan oleh bagaimana otak kita melihat sebuah objek terbentuk dengan proporsional. Bab pembahasan mengenai deret Fibonacci dan Golden ratio pada buku ini menjelaskannya dengan gamblang.

Overall buku ini adalah buku yang bermanfaat dan mudah dicerna bagi orang yang awam desain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s